oleh

Siap Backup dari Pusat, SYL Puji Kemajuan Pertanian Toraja

WAHANAINFOTA, MAKALE – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) memuji pertanian Tana Toraja. Kondisi alam yang subur memungkinkan pertumbuhan sektor tani yang hebat.

SYL hadir di Toraja, Sabtu (27/11/2020), menyerahkan bantuan pertanian kepada masyarakat Tana Toraja yang dipusatkan di Area Persawahan di km 3 Kelurahan Botang, Kecamatan Makale.

Bantuan Pertanian yang diserahkan SYL di antaranya traktor 65 unit, Handsplayer 5 unit, Cultivator 3 unit, jalan pertanian 24 paket, rehabilitasi jaringan irigasi 3 paket, dan pembangunan Embung 5 paket.

Selain itu, Mentan SYL juga menyerahkan bantuan ternak babi 180 ekor lengkap dengan pakan ternak 10 ton, obat-obatan, dan vaksin 1 paket.

Mentan SYL juga menyerahkan 1 paket benih sayur-sayuran dan bantuan perluasan area tanam baru padi lahan kering seluas 1.427 Hektare.

Menurut SYL, Toraja punya kelebihan luar biasa, alamnya luar biasa yang tidak sama dengan kabupaten lain di Indonesia.

“Toraja ini hebat, saya juga merasa orang Toraja. Bersyukurlah sebagai org Toraja. Turis harus masuk sini, dia cari tempat yg damai. Cari tempat yang aman. Saya senang dan bahagia sebagai orang Toraja. Jaga Toraja ini,” ujarnya mantan Gubernur Sulsel dua periode ini.

Dia menambahkan, “Kalau mau perbaiki Toraja perbaiki pertaniannya. Di depan rumah kalian ada air yang banyak. Ada matahari. Lahannya cukup. Yang paling penting di sini ada sesama kader NasDem. Carikan saya teman yang bisa urus pertanian, saya back up.”

Hadir di kunjungan ini Legislator Sulsel asal Toraja Sarwindy Biringkanae, anggota DPRD Komisi X yang membidangi pertanian.

“Ada teman saya sesama NasDem di sini. Awas memang kalau salah. Maksudnya salah menghadapi pertanian, yah lain maksudnya ini.
Kalian terjemahkan sendiri,” kata SYL disambut riuh hadirin.

SYL meminta masyarakat Toraja menaruh perhatian penuh terhadap sektor pertanian. Di saat terpuruk diserang Covid-19, hanya pertanian yang justru bertumbuh.

Pertanian Indonesia, sebutnya, tumbuh 16,4 persen di tahun 2020. Ekspor saja menembus angka Rp304 triliun dan ditargetkan tahun 2021 di atas Rp400 triliun.

“Doakan saya bisa mengurusi 273 juta orang (penduduk Indonesia) agar jangan bersoal makanan. Over stok sampai Desember sampai 10 juta ton. Di tengah situasi yg sulit apapun, pertanian ini sungguh membantu,” bebernya.

Dia juga berharap agar legislator NasDem Sarwindy Biringkanae ikut bekerja keras untuk memaksimalkan sektor pertanian di Tana Toraja.(*)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed