oleh

Pemberdayaan Pandu Digital Di Mimika, Wujud Pemerataan Transformasi Digital

WAHANA INFOTA, MAKASSAR — Pemberdayaan Pandu Digital di Timika dinilai sebagai wujud nyata mendukung percepatan Transformasi Digital secara merata hingga ke Indonesia Timur, Khususnya Papua.

Prosesi pelaksanaan Kampoeng Digital di Mimika, dibuka dengan sambutan ketua DPP Gradasi, M Siddiq K Tomsio yang mengapresiasi langkah Pemda Timika menjemput momentum ini sebagai bagian dari upaya pemerintah pusat dan daerah melibatkan masyarakat dalam transformasi digital.

“Gradasi mendapat amanah untuk mengawal lahirnya generasi digital melalui berbagai cara kreatif dan inovatif, di antaranya berkolaborasi dengan kementerian Kominfo dalam pembentukan dan pemberdayaan pandu digital sebagai relawan pendamping transformasi digital di masyarakat.” Ungkap Ketua DPP Gradasi itu.

Sementara itu, dalam Sambutannya yang cukup semangat Wakil Bupati Kab. Mimika Johannes Rettob yang turut hadir dalam kegiatan ini, mengatakan bahwa ia beserta jajarannya sangat menyambut baik acara ini karena sejalan visi pemerintah daerah yang mendukung percepatan transformasi digital di pemerintah daerah. Bahkan mengajak langsung Pandu Digital melalui Gradasi menjadi mitra pemerintah daerah Mimika untuk mengawal program-program digitalisasi di masyarakat.

Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Politeknik Amampare Timika Herman Dumatubun, sebagai akademisi perguruan tinggi yang mendukung program pembentukan pandu digital ini.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari PT. Freeport Indonesia yang menghadirkan Coorporate Communication PT Freeport Indonesia, Kerry Yarangga sebagai bentuk dukungan program atas pembentukan dan Pemberdayaan pandu digital Indonesia

“bahwa saya mendapatkan kabar bahwa ada pembentukan pandu Digital dan didampingi oleh Gradasi, maka saya batalkan semua acara dan hadir di acara yang terhormat ini” ujar Bupati Mimika dalam statmennya.

“Saya butuh harapan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Kominfo untuk memperhatikan Papua, khusus Timika untuk mendampingi masyarakat dalam proses transformasi digital. Kami bersyukur ada organisasi penggerak seperti Gradasi yang melakukan pendampingan dan pemberdayaan melalui Pandu Digital, yang mengawal langsung proses transformasi digital di kabupaten Mimika, Timika Papua” tambahnya.

Dia menyebut, masyarakat kebanyakan masih menggunakan smartphone hanya untuk komunikasi biasa dengan WA tetapi belum digunakan untuk berinteraksi dalam bidang UMKM, Pariwisata, pendidikan dan pertanian ke arah lebih maksimal.

Koordinator pandu Digital Indonesia kemenkominfo Bambang Tri Santoso yang hadir secara virtual menyampaikan program-program kementrian kominfo yang siap, mendukung program pemerintah Daerah khusus transformasi digital.

“Berharap akan ada ribuan pandu digital terdiri dari generasi muda Timika, Papua, untuk mendampingi masyarakat dalam pemberdayaan berbagai bidang seperti pendidikan, UMKM, pariwisata, perikanan dan pertanian” tandasnya.

Dan, Menurut Ketua DPC Gradasi Mimika Bung Jimmy yang hadir beserta jajarannya, menuturkan bahwa pak Wakil bupati yang mewakili pemerintah daerah sangat menaruh harapan besar kepada Gradasi untuk merekrut calon calon pandu digital sebesar-besarnya di Timika, Papua untuk mewujudkan visi besar kepala daerah setempat untuk mewujujudkan masyarakat yang cerdas, aman dan damai.

Acara ini juga dilanjutkan dengan penganugerahan badge Pandu Digital Kehormatan bagi wakil Bupati Mimika dan pelantikan DPC kabupaten Mimika. (*)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed