oleh

Tudang Sipulung Peringati Sumpah Pemuda, Kelompok KKN ’66 UIN Alauddin Gali Sejarah Kampung Pao

WAHANA INFOTA, PINRANG — Ada beragam cara para pemuda dalam memaknai peringatan hari Sumpah Pemuda yang jatuh di tanggal 28 Oktober di setiap tahunnya.

Seperti yang terlihat di kampung Pao, Pinrang, Mahasiswa dari Kelompok KKN Posko 9 Angkatan 66 UIN ALAUDDIN MAKASSAR merangkai peringatan Sumpah Pemuda dengan pelaksanaan kegiatan Tudang Sipulung, bertema “Menguak Tabir Sejarah Untuk Generasi Pemuda Demi Eksistensi Kampung Pao”, di Pao, Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Kamis, (28/10/2021).

Sesuai dengan temanya, jalannya kegiatan ini diisi dengan diskusi hangat membahas terkait sejarah kampung Pao, dengan menghadirkan 5 tokoh adat sebagai narasumber.

“Sangat berterima kasih kepada masyarakat terutama para pemuda dan narasumber sebab membantu dan mendukung acara ini sehingga dapat terlaksana dengan sukses” Ujar Wahidah, Ketua Panitia yang sekaligus Kordes Kelompok KKN Posko 9.

Ia menyebut bahwa tujuan dari kegiatan ini ialah untuk menumbuhkan pengetahuan para pemuda terkait identitas kampung Pao, sehingga hal itu bisa terus tersampaikan secara turun temurun.

Menyambut baik kegiatan ini, Lurah Betteng, Baharuddin, mengatakan isi kegiatan ini sangat menginspirasi para pemuda, dan tentunya sangat bermanfaat bagi eksistensi kampung Pao, ia pun mengapresiasi penuh atas pelaksanaan kegiatan ini.

“Juga pemerintah Desa berharap agar setelah selesainya kegiatan ini pemuda beserta kelompok KKN bisa menyimpulkan tentang sejarah terbentuknya kampung pao ini kemudian diterbitkan dalam bentuk buku agar bisa di baca oleh masyarakat luas tentang sejarah kampung pao” harapnya.

Tak hanya Lurah betteng, beberapa tokoh adat setempat pun menceritakan kekagumannya atas kegiatan Tudang Sipulung ini, bahkan salah satu tokoh masyarakat yang sudah puluhan tahun di kampung itu, mengaku sama sekali tidak mengetahui terkait sejarah kampung tersebut, barulah mendapatkan pengetahuan terkait sejarah kampung Pao dari pelaksanaan kegiatan ini. (SN/Ilham)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed