oleh

Pengadilan Agama Kelas II Belopa Upayakan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

WAHANA INFOTA – Belum setahun keberadaannya, Pengadilan Agama Kelas II Belopa langsung mengambil langkah konkrit dalam upaya meningkatkan pelayanan bagi pencari keadilan dengan melakukan pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di kantor Pengadilan Agama Belopa, Selasa (23/07/2019).

Bupati Luwu, H Basmin Mattayang dalam sambutannya menyambut baik adanya pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di Pengadilan Agama Belopa,.

”Pelaksanaan zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajaranya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Hal ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dan pemerhati peradilan.” ujar H Basmin Mattayang.

Menurutnya, kehadiran pengadilan agama dalam menyelesaikan berbagai persoalan keluarga terutama untuk menekan angka perceraian memiliki peranan yang sangat penting.

“Melalui Pengadilan Agama ini diharapkan mereka pencari keadilan terutama menyangkut masalah kasus-kasus perceraian sebaiknya diberi pemahaman, ditanamkan nilai-nilai kesyukuran di dalam setiap individu. Bagi setiap insan yang datang melapor sebaiknya dinasehati terlebih dahulu sebelum diproses kalau bisa dikasih rujuk Kembali sekalipun ada izin dari saya, jangan sampai karena emosi sesaat mereka melupakan masa lalu yang begitu indah, padahal tidak ada yang menjamin masa depan lebih baik dari yang ditinggalkan”, kata H Basmin Mattayang

Berkaitan dengan pengadaan fasilitas kantor baru yang lebih refresentative, H Basmin Mattayang berjanji dalam waktu dekat akan segera membahasnya mengingat lokasi yang telah tersedia tinggal merencanakan proses pembangunan gedungnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar, Hj Aisyah Ismail juga menghimbau kepada hakim-hakim Pengadilan Agama Belopa dalam menciptakan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

“Saya menghimbau hakim-hakim melalui kegiatan ini agar meningkatkan kinerja pelayanan, semua harus komitmen untuk tidak melakukan korupsi, hindari semua godaan-godaan dari pencari keadilan, karena keputusan tidak akan pernah adil jika pada penyelesaian kasus sudah terjadi keberpihakan, kurangi interaksi berlebih antara hakim dengan para pencari keadilan”, imbau Hj. Aisyah Ismail.

Ketua Pengadilan Agama Kelas II Belopa, Muhammad Ali melaporkan bahwa pelaksanaan kegiatan pencanangan pembangunan Zona Integritas ini sebagai upaya untuk mewujudkan Pengadilan Agama Kelas II Belopa yang bersih dan bebas dari KKN serta mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan publik bagi pencari keadilan.

“Dalam Upaya peningkatan kualitas pelayanan bagi pencari keadilan maka hari ini juga kami meluncurkan program antrian laporan berbasis elektronik serta membuka fasilitas pelayanan terpadu satu pintu (PTSP)”, kata Muhammad Ali.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pabung Luwu, Mayor Arm Syafaruddin, Kabag Perencanaan Polres Luwu, Kompol Abriadi, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Luwu, Alexander Rante Labi, Kepala Bank BNI Belopa, Burhanuddin, Kepala Dinas pertanahan, Johan Daido, dan para ketua Pengadilan Agama wilayah 5 Sulselbar. (**)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed