oleh

Ini Hasil Penelitian Lembaga LPM Penalaran UNM Yang Diseminarkan

WAHANA INFOTA – Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) membahas dua hasil penelitian Divisi Penelitian dan Pengembangannya, di Gedung Geografi FMIPA UNM, Kampus UNM Parantambung, Sabtu (28/9/2019).

“Terima kasih atas dukungannya. Penelitian ini tidak dapat selesai tanpa dukungan,” kata Ketua tim peneliti Novina Salsabila.

Menurutnya penelitian ini berhasil diseminarkan dengan baik berkat dukungan keluarga dan koleganya, yang turut serta membantunya.

Lebih lanjut, pembahasan ini dihadiri oleh pemateri ahli sekaligus dosen antropologi UNM yakni Dimas Ario Sumilih. Para peserta yang mengikuti seminar tersebut anggota dan alumni LPM Penalaran UNM.

Pembahasan hasil terdiri dari dua penelitian dengan judul Mengukur Upacara Katto Bokko (Panen Padi) pada Tradisi Bertani di Kelurahan Bajubodoa Kabupaten Maros. Serta Dinamika Syukur pada Penyandang Disabilitas Fisik di Kota Makassar.

Semetara Ketua Divisi Litbang Risma berharap dengan adanya penelitian ini LPM Penalaran UNM dapat memberi kontribusi besar terhadap dunia penelitian.

“Semoga penelitian ini sampai pada tahap publikasi sehingga bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Perlu diketahui bahwa ada berapa nilai budaya terkandung pada upacara adat Katto Bokko dan Nilai sebagai berikut:

-Sebagai nilai perwujudan rasa syukur
-Sebagai nilai kepatuhan
-Sebagai nilai kebersamaan dan kerukunan
-Sebagi nilai aset wisata kabupaten maros
-Sebagai nilai untuk menumbuhkan jati diri kebangsaan dan identitas daerah.(*Sn)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed