oleh

Kembangkan Sayap di Pulau Kalimantan, KSP Balo’ta Intens Buka Cabang

WAHANA INFOTA – Sangatta, – Demi mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Koperasi Simpan Pinjam Balo’ Toraja (KSP) terus merambah ke Pulau Kalimantan.

Kali ini, koperasi kebanggaan masyarakat Toraja ini membuka cabang ke-6 di Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Ini juga sekaligus cabang ke-44 di Indonesia.

Koperasi yang berpusat di Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, ini diresmikan Kepala Dinas Usaha Kecil Menengah (UMKM) Kutai Timur, Muhammad Kusaini, mewakili bupati, di Bengalon, Rabu (7/8/2019).

Sebelumnya, KSP Balo’ta telah membuka cabang di Samarinda, Balikpapan, Bontang, Tenggarong, dan ibukota Kutai Timur, Sangatta.

Ketua KSP Balo’ta, John Diplomasi, di Bengalon, Jumat (9/8/2019), mengatakan, dibukanya cabang Bengalon ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, kata dia, dibukanya cabang ini demi pengembangan usaha KSP Balo’ta yang makin diminati masyarakat. Bukan saja warga Toraja di perantauan, tapi juga warga setempat jika ingin menjadi bagian dari koperasi yang sudah beranggotakan puluhan ribu anggota ini.

“Satu kesyukuran bagi kita semua khususnya warga Toraja bahwa KSP yang sudah menjadi ikon koperasi nasional ini mampu mengembangkan sayap sejauh ini. Selain di Kalimantan ini, ke depan kita berharap KSP Balo’ta hadir di berbagai kota di Indonesia,” ujar John Diplomasi.

Dia juga berharap, KSP Balo’ta selalu menjadi salah satu pilar pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang sedang digagas pemerintah, seperti yang telah dilakukan selama ini.

Apalagi, lanjut dia, KSP Balo’ta masuk jajaran 10 besar koperasi terbaik nasional. Sejak berdiri tahun 1941, atau sebelum Indonesia merdeka 1945, koperasi ini masih tetap bertahan meski melewati berbagai kondisi perekonomian bangsa, salah satunya krisis moneter 1998 silam.

John menambahkan, KSP Balo’ta bahkan intens mengembangkan sayap di beberapa kota di Indonesia. Untuk itu, dia juga berharap agar masyarakat Toraja di perantauan khususnya di Kalimantan dapat menjadi bagian untuk terus membesarkan koperasi tersebut.

“Setelah Bengalon, KSP Balo’ta juga segera membuka cabang di Kalimantan Utara tepatnya di Tarakan. Ini juga dengan alasan yang sama bahwa kita akan terus mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta ikut membantu pergerakan ekonomi di masing-masing daerah di mana kantor cabang itu berada,” jelasnya.

Sementara itu, Kadis UMKM Kutai Timur, Muhammad Kusaini, mengaku sangat bangga dan berterima kasih dengan hadirnya KSP Balo’ta ini.

“Koperasi akan terus menjadi salah satu bagian terpenting dalam pertumbuhan usaha dan kesejahteraan pelaku usaha. Di Kutai Timur, pergerakan ekonomi terus membaik salah satunya ditunjang oleh banyaknya pelaku usaha kecil menengah. Dan koperasi seperti KSP Balo’ta ini sudah menjadi bagian terpenting dalam membantu pelaku usaha di Kutai Timur,” pungkas Kusaini. (*Sn)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed