oleh

Inisiasi Pembelajaran Abad 21, Vokasi Guru Besar FT UNM Beri Pelatihan Dan Bantuan Trainer IoT

WAHANA INFOTA, MAKASSAR — Laksanakan pengabdian pada SMKN 10 Makassar guru besar Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Sapto Haryoko, M.Pd. dengan anggota Tim Dr. Hendra Jaya, M.T dan Dr. Anita Candra Dewi, M.Pd Berikan Pelatihan dan Bantuan Media Trainer.

Kamis, (26/08/21) tim pengabdian Pusat UNM yang diketuai guru besar FT Sapto Haryoko yang juga sebagai Ketua Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) UNM berlangsung aman dan lancar. Kegiatan dilakukan secara tatap muka (luring) di SMKN 10 Makassar. Berhubung dilaksanakan pada masa PPKM maka peserta diwajibkan menaati protokoler kesehatan.

“Dunia pendidikan dan pembelajaran berubah, saat ini sangat jamak guru menggunakan komputer, buat aplikasi desain grafis dan menampilkannya dalam bentuk 2 Dimensi di kelas. Kini dengan semakin berkembangnya teknologi, guru dan peserta didik dimudahkan dengan beragam jenis perangkat elektronik, salah satunya Trainer IoT (Internet of Things). Penggunaan Trainer IoT (Internet of Things) dapat mendukung proses pembelajaran. Kondisi tersebut perlu disikapi guru dengan mengubah pola pikir, tetapi dengan mendorong pemanfaatan Trainer IoT (Internet of Things) secara maksimal untuk kepentingan pembelajaran.

Hadirnya Trainer IoT (Internet of Things) dapat menjadi sumber dan media pembelajaran yang menyenangkan, bahkan dapat menciptakan suasana kelas yang menarik” ungkap Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Sapto Haryoko

Atas dasar uraian diatas merupakan pentingnya Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) ini, yakni melatih guru-guru SMK agar dapat membuat dan mendesain media belajar berbasis Trainer IoT (Internet of Things) sebagai upaya mengatasi kurangnya Minat, motivasi, dan Kolaborasi siswa dalam Belajar. Dengan asumsi bahwa guru dapat membuat Trainer IoT (Internet of Things) yang mudah, menarik, dan bersifat interaktif.

“Kami sangat berterimakasih atas terselenggaranya pelatihan ini terutama bantuan Kit Trainer IoT, InsyaAllah kedepan kami akan perbanyak Trainernya untuk menjadi bagian pembelajaran praktikum di SMKN 10 Makassar dan kami berharap pelatihan sejenis ini dapat berkelanjutan” Papar Andi Umar sebagai Kepala SMKN 10 Makassar. (**)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed