oleh

FIS UNM Gandeng Dinas Sosial Adakan Kegiatan Prodi Sosiologi

WAHANAINFOTA, MAKASSAR – Sebanyak tujuh puluh tiga (73) mahasiswa Program studi sosiologi secara resmi dilepaskan untuk melaksanakan praktek kerja sosial, Jumat (4/9/2020).

Kegiatan kali ini menggandeng dinas sosial kota makassar sebagai institusi yang memiliki otoritas dalam pengentasan masalah sosial. Moment ini dimanfaatkan untuk menjalankan dua agenda sekaligus, yakni, Pelepasan Mahasiswa Praktek Kerja Sosial dan Webinar dengan tema Optimalisasi Pengentasan masalah kesejahteraan sosial melalui sitem informasi kesejahteraan sosial – Next Generation.

Mahasiswa langsung dilepas oleh pimpinan fakultas ilmu sosial Dr. Najamuddin, M.Hum selaku Wakil Dekan II. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi bahwa prodi sosiologi bisa tetap menjalankan pelepasan meskipun dijalanka secara virtual.

Dirinya pun mengharapkan semoga kehadiran mahasiswa ditengah masyarakat memberi konstribusi khususnya sebagai mitra dinas sosial dalam pengentasan masalah sosial.

Dalam membahas tema webinar maka dihadirkan dua narasumber yang dianggap kompeten yakni Dr. Mukhtar Tahir, M.Pd. selaku kepala Dinas Sosial Kota Makassar. Beliau banyak menggambarkan system informasi kesejahteraan sosial kementerian sosial yang lebih dikenal dengan SIKS-NG.

Menurut beliau system ini sangat penting melihat masalah data seringkali menjadi sebab kisruh yang terjadi ditengah masyarakat.

Selain dari pihak pemerintah, prodi sosiologi juga menghadirkan sosiolog dari universitas hasanuddin bapak Dr. H. Suparman Abdullah, M.Si. Sosiolog yang sekaligus Wakil dekan II FISIP UNHAS ini menjelaskan pemberdayaan dalam tiga aspek yakni Pemberdayaan sebagai Proses, Pendekatan dan metode.

Menurut beliau ada empat penguatan yang harus dilakukan yakni; Dalam aspek Kapasitas SDM, Jaringan, Linkungan dan Nilai dan norma.

Selain itu, ketua Prodi sosiologi Bapak Idham Irwansyah, S.Sos.,M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah tindak lanjut dari penanda tanganan MoA antara Prodi Sosiologi dengan Dinas Sosial Kota Makassar dua tahun lalu.

“Mahasiswa kami sudah beberapa tahun telah bermitra dengan dinas sosial kota makassar dalam pelaksanaan praktek kerja sosial. Kami sangat bersyukur karena sampai saat ini pihak dinas sosial masih bersedia melanjutkan Kerjasama ini. Mudah-mudahan dengan kemitraan ini mahasiswa kami bisa mengimplementasikan ilmu metode praktek kerja sosial yang sebelumnya sudah menerima pemahaman teori pada semester sebelumnya” ungkapnya.

Kegiatan berlangsung khidmat dibawah pemandu acara dalam hal ini moderator Mario, SM,S.Sos.,M.Si. kebetulan beliau memang adalah penanggung jawab mata kuliah metode praktek kerja sosial. Beberapa bagian yang dibahas secara mendalam pada proses diskusi bisa dilihat pada youtube klinik sosiologi prodi sosiologi FIS UNM. (*)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed