oleh

Pemberdayaan Pandu Digital, Kadis Kominfo Sulsel Beri Apresiasi Pelaksanaan ‘Kampoeng Digital’ di Makassar

WAHANA INFOTA, MAKASSAR — Menjadi bagian dalam arus kebijakan pemerintah terkait percepatan transformasi digital, Pandu Digital Indonesia yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Dan Informatika (Ditjen Aptika) Kementrian Komunikasi Dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, diplot sebagai garda terdepan dalam literasi digital dengan melakukan pendampingan kepada masyarakat.

Pemberdayaan Pandu Digital yang telah terbentuk itu, kini secara massif dilakukan dalam serangkaian kegiatan edukasi literasi digital ke tengah-tengah masyarakat hingga 24 titik yang tersebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Pemberdayaan Pandu Digital terlaksana dari sebuah kolaborasi Ditjen Aptika beserta Generasi Digital Indonesia (Gradasi) melalui pelaksanaan Kampoeng Digital.

Di Makassar, Gradasi Sulawesi Selatan sukses melaksanakan kegiatan Kampoeng Digital tersebut, pada Kamis 22 April 2021, kegiatan ini dihadiri sekaligus dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kementrian Komunikasi Dan Informasi (Kominfo) Sulawesi Selatan, Amson Padolo, di sekretariat DPD Gradasi Sulsel, Jl. BKN, Paccerakkang, Kota Makassar.

Dalam sambutannya, Amson menyebut bahwa hadirnya kegiatan pemberdayaan pandu digital ini sekaligus pula memberi ruang kepada masyarakat untuk mendapatkan kesempatan mendapatkan pemahaman terkait dunia digital.

“Mari berharap dengan pemberdayaan pandu digital menambah wawasan masyarakat dalam dunia pendidikan dan tekhnologi, sehingga masyarakat lebih mampu mengembangkan diri, sesuai dengan tuntutan zaman” ucap Kepala Dinas Kominfo Sulsel di hadapan para peserta Kampoeng Digital.

Kepada perwakilan Ditjen Aptika yang hadir pada kegiatan ini, Amson pun menyampaikan harapannya, agar kegiatan kolaborasi seperti ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan.

Hal senada, diungkap oleh perwakilan Ditjen Aptika Kominfo, Diah Aliefyah, bahwasannya pemberdayaan pandu digital merupakan salah satu bentuk komitmen Kominfo untuk membangun masyarakat yang berliterasi yang seiring sejalan dengan percepatan transformasi digital di segala sektor.

Sementara itu, Ketua DPD Gradasi Sulsel yang dalam waktu yang bersamaan harus menghadiri pelaksanaan Kampoeng digital di DPC Pinrang yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus, mengatakan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi mensukseskan pelaksanaan Kampoeng digital di Makassar.

Dalam pelaksanaan Kampoeng digital ini, dihadiri oleh 100 orang peserta dari kalangan masyarakat dan terbagi dalam dua sesi waktu kegiatan seminar, dimana setiap sesi kegiatan masing-masing diisi oleh seorang pandu digital yang memberikan materi kepada masyarakat, terkait pemanfaatan digital untuk pengembangan UKM di masyarakat. (Sn)

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed