oleh

Ketua Umum LPM Penalaran UNM : Permasalahan dapat Dipecahkan Oleh Penelitian

WAHANA INFOTA, MAKASSAR — LPM Penalaran UNM kembali menggelar Seminar Hasil Penelitian Lembaga sekaligus disertai dengan Seminar Proposal Penelitian Anggota Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di ruangan Tek. 1D dan Tek. 1C JTIK Fakultas Teknik UNM, Minggu (5/11).

Dalam kegiatan ini terdapat 5 penelitian yang diseminarkan yang terdiri dari 1 Seminar Hasil Penelitian Lembaga serta 4 Seminar Proposal Penelitian Anggota. Seluruh tim terbagi dari bidangnya masing-masing, seperti Sosial Budaya, Ekonomi, Sains dan Teknologi, dan Pendidikan. Adapun judul penelitian serta nama tim yang telah diseminarkan, yaitu sebagai berikut :

1. Seminar Hasil Penelitian Lembaga, Bidang Sosial Budaya :

Semiotika Arsitektur pada Rumah Pemangku Adat Towani Tolotang. Judul tersebut diteliti oleh tim peneliti yakni Aulya Milatul Aska, Istih Ainun Sa’dah M, Andi Ikhsan Arkam dan Fakhri Fauzan

2. Seminar Proposal Penelitian Anggota, Bidang Pendidikan : Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhada Hasil Belajar siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK YPLP 1 PGRI Kot Makassar. Judul tersebut diteliti oleh tim peneliti yakni Sulfajri, Ramdani S, Ummu ‘Athiyah S, Fadhil Muhammad R dan Rifqah Nurul Hidayah HN.

3. Seminar Proposal Penelitian Anggota, Bidang Ekonomi : Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Rantau Di Universitas Negeri Makassar. Judul tersebut diteliti oleh tim peneliti yakni Cindai Sari, Novia Dwi Adriyanti A, Evi Afriani, Faradila dan Muhammad Ikhsan Talib.

4. Seminar Proposal Penelitian Anggota, Bidang Sains dan Teknologi : Deteksi Penyakit Cacar Monyet _(Mongkeypox)_ Menggunakan Arsitektur _ResNet_ Berbasis Citra Digital. Judul tersebut diteliti oleh tim peneliti yakni Adam Fatahillah, Apriliani Eka Syakira S, Wanda Muliandira Putri dan Ishak.

5. Seminar Proposal Penelitian Anggota, Bidang Sosial Budaya : Identifikasi Perilaku Ngatta-Ngatta di Makassar dalam Perspektif Sosiologi-Interaksionisme Simbolik. Judul tersebut diteliti oleh tim peneliti yakni M. Athaillah Hasyim, Sri Hidayati, Wa Windiyani B, Sri Fujiandi dan Pirdaus.

Andi Iksan Arkam selaku Ketua Divisi Penelitian dan Pengembangan menyampaikan harapannya kepada para peneliti untuk menyelesaikan penelitiannya serta dapat dipublikasi.

 

“Semoga dengan dilakukannya seminar hasil penelitian eksternal lembaga ini bisa menjadi awal yang baik dan bisa disusul oleh tim penelitian ekternal lembaga lainnya, serta semua tim peneliti dapat menyelesaikan penelitiannya dengan waktu yang singkat dan menghasilkan penelitian yang dapat dipublikasikan.” ujarnya

Ketua Umum LPM Penalaran UNM, Ishak, juga mengutarakan harapannya kepada tim peneliti agar penelitian yang diteliti dapat memberi banyak manfaat.

“Selamat bagi tim peneliti yang telah sampai pada tahap seminar hasil, namun tugas tim peneliti tidak hanya sampai disini. Agar penelitian teman-teman dapat memberi manfaat ke khalayak yang lebih luas, tentu harus dilakukan publikasi” tutupnya.(*)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed