oleh

Dorong Kemajuan Ekonomi, Amir Uskara : Angka Pengangguran Tertinggi Dari Lulusan SMK, Ruang Digital Harus Dimaksimalkan

WAHANA INFOTA — Ketua DPD Gradasi Sulawesi Selatan, Abdul Kadir Lakkuru bersama beberapa orang pengurus DPD Gradasi Sulsel mengikuti kegiatan Seminar Nasional yang diadakan digelar di Auditorium UIN Alaudin Makassar, Senin, 9 Maret 2020.

Pimpinan Komisi XI DPR RI, Dr. HM Amir Uskara, M.Kes didaulat sebagai salah satu pemateri dalam Seminar Nasional bertemakan “Pemuda Sebagai Pelopor Dalam Mengawal Ekonomi Pembangunan Bangsa Serta Keterlibatan Bank Indonesia Dalam Perkembangan UMKM di Indonesia” yang penuh sesak oleh peserta seminar dari kalangan akademisi dan juga pelajar.

Amir Uskara, dalam pemaparan materinya menyampaikan beberapa poin yang sangat krusial terhadap perkembangan Ekonomi Pembangunan Bangsa, khususnya dalam ruang lingkup pemuda, yakni terkait angka pengangguran.

“Data kami menunjukkan, Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), ini menempati posisi teratas dalam jumlah angka pengangguran di Indonesia, berarti ada yang salah dari sinergi antara dunia pendidikan dan dunia kerja di negeri kita selama ini” ungkap Amir Uksara, yang juga diketahui sebagai salah satu dewan penasehat Generasi Digital Indonesia (Gradasi).

Ironisnya, Amir mengungkapkan bahwa tamatan SD rupanya lebih produktif dalam menghasilkan tenaga kerja aktif di Indonesia, dibandingkan lulusan SMP, SMA dan SMK.

Lebih lanjut, Pimpinan DPR Komisi XI DPR RI yang pula berdedikasi sebagai Dewan Pengajar di Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar ini mengatakan bahwa peluang bisnis di Era 4.0 harus bisa dimanfaatkan dengan cukup maksimal, untuk kemudian meningkatkan kualitas SDM yang nantinya mampu menjadi pemicu tumbuhnya Perekonomian Bangsa.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPD Gradasi Sulawesi Selatan, Abdul Kadir Lakkuru yang berkesempatan memberikan tanggapan juga sekaligus pertanyaan kepada pemateri, mengatakan bahwa Gradasi Sulsel sejak dari pembentukannya, telah melakukan berbagai macam persiapan terkait Program Kerja mereka yang menyasar pengurangan Angka Pengangguran, dimulai dengan menghadirkan edukasi digital di setiap desa secara merata.

“Kita tahu bersama bahwa ada ribuan lebih desa di Sulsel, yang punya pemuda yang kiranya siap untuk kita berikan edukasi, bahwa dunia digital menghasilkan sesuatu yang prospektif bila dimanfaatkan secara efektif” kata Abdul Kadir di tengah sesi seminar.

Ketua Gradasi Sulsel ini juga mempertanyakan terkait tingginya angka pengangguran dari kalangan SMK.

Menanggapi hal tersebut, Amir Uskara mengatakan bahwa kehadiran Gradasi Sulsel kiranya mampu mendapatkan support kuat dari Pemerintah dalam hal ini, instansi-instansi terkait, agar program yang direncanakan bisa berjalan maksimal seperti yang diharapkan. (SN)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed