oleh

Banjir Melanda, Batalyon A Pelopor Patroli Dan Bantu Evakuasi Warga

WAHANA INFOTA, MAKASSAR – Intensitas curah hujan di Kota Makassar kembali meningkat, menyikapi hal tersebut Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto, S.Sos memerintahkan 2 Unit Tim SAR Batalyon A Pelopor untuk memantau lokasi – lokasi rawan terjadinya banjir di Kota Makassar, Rabu, ( 10/03/2021).

Pengecekan lokasi rawan banjir ini merupakan salah satu langkah antisipasi dan juga monitoring serta bentuk kesiapsiagaan tanggap bencana. bencana banjir dengan intensitas curah hujan seperti saat ini.

Kegiatan patroli yang dilaksanakan dengan maksud selain bentuk pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk antisipasi bencana juga memberikan rasa aman dan nyaman serta salah satu bagian dari cara mengedukasi warga untuk tetap mau menjaga lingkungan sekitarnya terutama warga masyarakat yang tinggal di daerah sepanjang aliran sungai.

Dalam patroli kali ini, Tim Patroli dibagi menjadi 2 Tim yaitu 1 Tim dengan mengendarai kendaraan roda dua dipimpinan Bripka Abd. Halim dan 1 Tim dibawah pimpinan Ipda Syafruddin dengan menggunakan kendaraan khusus SAR lengkap dengan perahu karet yang dimiliki Batalyon A Pelopor.

Adapun lokasi yang disambangi Tim Patroli ini antara lain Jalan Urip Sumoharjo tepatnya depan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Perumahan Nipa – Nipa Antang, Kecamatan Borong, perbatasan Makassar Maros, Kecamatan Pattene Kab. Maros dan Kecamatan Marusu Kab. Maros.

Selain pengecekan dan Pemantauan debit air, Tim Patroli SAR Brimob Batalyon A Pelopor juga membantu masyarakat dan pengguna jalan untuk melintasi banjir dengan membantu membawakan barang bawaan serta membantu mendorong kendaraan yang mogok akibat banjir.

Selain itu, tim patroli ini juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu waspada dengan segala potensi bencana yang bisa saja terjadi saat musim penghujan seperti sekarang ini, karena yang namanya bencana alam tidak bisa prediksi dan pastikan kapan terjadinya.

Saat dikonfirmasi Komandan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel AKBP Darminto,S.Sos
Membenarkan bahwa pihaknya tengah melaksanakan pemantauan lokasi – lokasi rawan terjadinya banjir pada saat intensitas curah hujan di kota Makassar meningkat.

AKBP Darminto mengatakan Kegiatan patroli dalam rangka pemantauan kawasan rawan bencana banjir tersebut atas dasar perintah Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, PS,S.I.K.,M.Si
Untuk mengerahkan personel berkemampuan SAR melaksanakan patroli pemantauan lokasi rawan terjadinya banjir.

“ menindaklanjuti perintah Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis. PS, S.I.K., M.Si maka dari itu Tim Patroli SAR Batalyon A Pelopor digerakkan untuk memantau dan mendata lokasi – lokasi yang rawan terjadinya banjir pada saat musim hujan,hal ini sebagai respon cepat anggota Brimob sebagai bentuk kesiapsiagaan Satuan dalam rangka tanggap bencana alam di wilayah Kota Makassar agar setiap warga masyarakat bisa merasa aman dan nyaman serta wujud bhakti brimob untuk masyarakat.“ Tutur Darminto.

Darminto menambahkan Selain Tim yang melaksanakan Patroli, Batalyon A Pelopor juga telah menyiapkan personel yang melaksanakan Stand by On Call yang kapan saja siap untuk digerakkan kapanpun dan dimanapun

“ Selain mengerahkan Tim untuk melaksakanakan pemantauan Debit air di lokasi – lokasi rawan terjadinya terjadinya Banjir, Kami juga menyiapakan Personel siaga yang akan siap digerakkan kapan saja dan dimana saja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, itu sebagai wujud bhakti Brimob untuk masyarakat “ tambah Darminto. (*)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed