oleh

Bangun Kawasan Timur Indonesia, DEIT : Gali Kembali Potensi SDM

WAHANA INFOTA, MAKASSAR — Membangun penguatan di sektor ekonomi dalam suatu daerah bukanlah suatu perkara mudah. Niat baik dan mulia tersebut dihadapkan pada begitu banyak tantangan yang harus dihadapi, perubahan fundamental salah satunya, ialah faktor yang sangat mempengaruhi ekonomi suatu daerah.

Fakta yang terjadi 2 tahun terakhir ini, membuka mata setiap khalayak bisa melihat adanya perubahan tatanan hidup di masyarakat, pandemi membuat keterbatasan, mengubah kebiasaan, di segala lini kehidupan bermasyarakat, sosial, budaya ekonomi, hingga keagamaan.

Hal tersebut menjadi pembahasan hangat jelang pelantikan pada 6 Oktober 2021 mendatang, dalam sebuah pertemuan Pra Program Kerja (Pra Proker) Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT), Jumat (24/09/2021), di Atrium Coffee Shop.

Pertemuan yang dihadiri oleh Wakil Ketua Umum DEIT, Budi Setiawan, Ketua Bidang Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Tekhnologi DEIT, Abd Kadir Lakuru, serta Andi Wawan Dan Sulwan Dase, Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi DEIT dan Johansyah Haruna, Ketua Bidang Perdagangan DEIT.

Membahas terkait program jangka pendek DEIT setelah pelantikan, Kabid Dikbud Ristek DEIT, Abd Kadir mengatakan bahwa yang menjadi skala prioritas ialah mengembangkan kembali potensi SDM yang menjadi pelaku ekomi suatu daerah.

“Pandemi ini merubah tatanan hidup, membuat keterbatasan, merubah kebiasaan orang-orang, tentu saja hal ini, mempengaruhi kualitas SDM itu sendiri sebagai pelaku ekonomi, jadi, DEIT dalam hal ini, bidang Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi lebih kepada bagaiamana memacu kembali peran setiap individu-individu yang menjadi pelaku ekonomi tersebut” ujar Abd Kadir.

Perlu diketahui, bahwa DEIT merupakan sebuah organisasi mandiri yang dinahkodai Annar Salahuddin Sampetoding. Organisasi yang beranggotakan para pelaku bisnis ini memiliki jaringan di beberapa kota-kota besar di dunia.

Kehadiran DEIT bertujuan untuk menumbuhkan angka kesejahteraan masyarakat Indonesia Timur dengan berbagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan timur Indonesia. (SN)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed