oleh

Diskominfo Makassar Gelar Forum Jurnalistik Bangun Literasi Tangkal Informasi Negatif

WAHANA INFOTA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar menggelar acara Forum Jurnalistik dengan StanlService Excelent NTPD 112 Kota Makassar, diadakan di Hotel Arthama. (16/9/ 2019).

Dalam forum ini Dinas Infokom membahas secara rinci dinamika informasi di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih dan modern. Dihadiri insan-insan pers, ASN, dan Mahasiswa.

“Tentunya dengan adanya forum ini memberikan sinergi dalam gerak untuk sebuah misi bersama yakni melahirkan literasi media ditengah revolusi digital yang menerpa seluruh sendi kehidupan kita.” kata Azis Hasan saat mewakili Pj Walikota membuka forum jurnalistik ini.

Menurut Azis diera tehknologi canggih dan modern seperti sekarang ini musuh bersama kita adalah merebaknya kabar bohong, hoaks, fitnah, termasuk ujaran kebencian ditengah banjir informasi, baik itu teks, gambar, maupun video

“Ini tentu sangat memprihatinkan dimana kita menyaksikan munculnya konten-konten negatif, berita provokatif, adu domba, kabar bohong yang akhir-akhir ini banyak sekali mendera kita, semuanya tidak jelas mengindahkan etika dalam menyampaikan informasi yang salah,” tuturnya.

“Bahkan dengan kepentingan tertentu, yang memang sengaja disebar untuk membangkitkan rasa takut, membangkitkan pesimisme, menebar ketakutan, menebar kecemasan, menebar kekhawatiran, dan juga perasaan-perasaan terancam kepada masyarakat demi kepentingan kepwntingan tertentu,” kata Aszis menambahkan.

Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Ade Ismar Gobel mengatakan dalam forum ini Diskominfo mengharapkan lahirnya kemampuan menciptakan konten positif, kemampuan memahami esensi kode etik jurnalistik, serta peningkatan kemampuan terhadap pengetahuan tentang UU Informasi Transaksi Elektronik, menjadi pedoman bersama.

“Kita bangun Smart people di kota Makassar harus diimbangi dengan standar moral dan etika yang tinggi dari penggunanya. sesuai dengan Tema forum ini yaitu “Memahami Kode Etik Jurnalistik dan UU ITE”,
Terangnya.

Forum jurnalistik ini meghadirkan narasumber Iwan Taruna praktisi jurnalis yang juga wartawan senior, Fajriani langgeng Ketua LBH pers beserta Nurdin Amir Ketua Aliansi Jurnalis Indonesia. (*Sn)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed