oleh

Banyak Pengaduan Masuk, DPMPTSP Makassar Godok Aturan Penempatan Tim Teknis

WAHANA INFOTA, MAKASSAR — Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggodok aturan penempatan tim teknis perizinan.

“Sementara ini kita tengah melakukan telaan staf untuk penempatan tim teknis di DPMPTSP,” kata Zulkifly, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPTSP Makassar, Kamis (16/9/2021).

Zulkifly mengaku, penarikan tim teknis ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis masing-masing terjadi sejak beberapa bulan lalu.

Penarikan tersebut memicu banyaknya pengaduan yang masuk ke DPMPTSP lantaran lamanya proses penerbitan izin.

“Saat ini memang semua kajian teknis kembali ke OPD teknis. Setelah mendaftar, berkas pemohon dikaji di OPD teknis,” katanya.

Ia menjelaskan, penempatan tim teknis mengaju pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 138 tahun 2017 tentang penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu daerah.

Aturan tersebut mengamanatkan semua berkas administrasi perizinan tidak bisa keluar dari DPMPTSP. Jika berkas keluar, maka pelayanan perizinan mengalami kemunduran.

“Jika berkas keluar kita kembali ke sistem Perizinan Satu Atap (Sintap) pada 2017 lalu,” katanya.

Lanjut Zulkifly, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan beberapa OPD teknis untuk membahas penempatan tim teknis di DPMPTSP.

“Pada dasarnya OPD teknis menyetujui untuk mengutus tim teknis ke DPMPTSP,” katanya.

Zulkifly menargetkan, telaan staf untuk penempatan tim teknis ditargetkan rampung pada September 2021.

Diketahui, penarikan tim teknis ke OPD teknis menyebabkan banyaknya keluhan warga. Mereka mengeluhkan lamanya waktu dalam pengurusan penerbitan izin. (**)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed