oleh

Terima Kunjungan Ketua Dewan Kerajinan Kaltara, Lies F Nurdin Pamerkan Hasil Kerajinan Sulsel

WAHANA INFOTA — Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel, Lies F Nurdin, menerima kunjungan Ketua Dekranasda Kalimantan Utara (Kaltara), Rita Ratina Irianto Lambrie, Rabu, 12 Januari 2020. Pada kesempatan tersebut, Lies mengajak Rita melihat seluruh hasil kerajinan yang diproduksi 24 kabupaten kota, dan dipajang dalam etalase di Gedung Dekranasda Sulsel.

Lies saat berbincang bersama Rita, banyak memaparkan mengenai potensi kerajinan dan pengembangan UMKM di Sulsel. Di hadapan rombongan Dekranasda Kaltara, istri Nurdin Abdullah ini menyampaikan, program Dekranasda Sulsel, fokus pada satu kabupaten satu produk. Tentunya, produk yang dihasilkan harus berkualitas.

“Tiap kabupaten tidak usah hasilkan banyak produk. Satu saja, tapi berkualitas dan memenuhi standar pasar,” kata Lies.

Dekranasda Sulsel juga bekerjasama dengan Dinas Perindustrian. Pihaknya mendatangkan satu pelatih ke setiap kabupaten, agar produk yang dihasilkan lebih kreatif.

“Tenaga pengajar kita datangkan agar produk yang dihasilkan lebih bagus lagi. Kita kembangkan wawasan mereka agar bisa berkreasi,” ujarnya.

Berbagai terobosan, lanjut Lies, juga dilakukan. Termasuk menekankan ke supermarket agar mau menerima produk yang dihasilkan UMKM, dan tidak boleh ada listing fee.

“Dekranasda bersama Pemerintah Provinsi Sulsel juga berupaya mengembalikan kejayaan sutera. Kalau selama ini benangnya dari Cina, kita berupaya memproduksi sendiri benangnya,” paparnya.

Sementara, Rita mengaku sangat mengagumi hasil kerajinan Sulsel. Di bawah kepemimpinan Lies F Nurdin, Dekranasda Sulsel berhasil menghasilkan kerajinan yang luar biasa, melalui pembinaan UMKM.

“Saya yakin, di tangan pemimpin yang benar, amanah, daerah akan maju. Dan saya melihatnya langsung di Sulsel,” kata Rita. (*)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed