oleh

Walikota Danny Beri Penghargaan Kelompok Binaan DP2 Makassar

WAHANA INFOTA – Makassar, Kelompok binaan Dinas Pertanian dan Perikanan (DP2) Kota Makassar, Cahaya Lantebung berhasil meraih penghargaan dari Pemerintah Kota Makassar kepada tokoh mesyarakat di bidang pemerhati lingkungan yang diberikan langsung oleh Walikota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto di sela sela upacara peringatan hari kedisiplinan nasional di lapangan karebosi, Senin (17/11/18).

Kepala DP2 Kota Makassar, Abdul Rahman Bando mengatakan penghargaan tersebut berhasil diraih berkat sinergi dari DP2 dengan masyarakat lokal untuk pembibitan, penanaman, pemeliharaan, sekaligus pengelolaan mangrove oleh kelompok pelestari sumberdaya alam mangrove binaan Dinas. Jum’at (23/12/18)

“Ekowisata mangrove di Kota Makassar dilatarbelakangi oleh maraknya penebangan mangrove atau kerusakan lingkungan pesisir dan keterbatasan ruang terbuka hijau di Kota Makassar,” katanya.

Olehnya, kata Rahman, pihaknya pun berupaya melakukan penghijauan kembali dengan menggerakkan masyarakat dan berbagai stakeholder untuk menanam dan memelihara Mangrove.

“Fasilitas ekowisata ini telah menjadi salah satu objek wisata alam, khususnya mangrove dengan beragam vegetasi dan habitat pesisir serta burung-burung pantai di Kota Makassar,” tuturnya.

“Kita telah berhasil membangun tracking atau titian mangrove sepanjang kurang lebih setengah kilometer, dua unit pondok informasi, tiga unit gazebo untuk dua kelurahan,” sambungnya.

Selain itu, kata dia, tracking atau titian mangrove tersebut sekaligus difungsikan sebagai tambahan perahu bagi nelayan lokal, di mana program tersebut telah mendapat dukungan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta salah satu unit PBB Coastal Community Developmment Project -International Fund For Agricultural Development (CCDP-IFAD) melalui Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar.

“Masyarakat lokal telah menikmati manfaat ekonomi, lingkungan serta interaksi sosial yang makin baik lewat inovasi ini,” pungkasnya. (**)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed