oleh

Ini Cara Brimob Batalyon A Pelopor Cek Kesehatan Personelnya

WAHANAINFOTA, MAKASSAR – Personel Batalyon A Pelopor Polda Sulsel periksa kesehatan atau Medical Chek Up berkala yang diadakan Biddokes Polda Sulsel kerjasama dengan Kimia Farma di Makosat Brimob Polda Sulsel, Rabu, (30/9/2020).

Medical Chek Up (MCU) 2020 adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mengetahui status kesehatan. Bukan mendiagnosi gejala atau mengobati penyakit. Kegiatan dilakukan sekali dalam enam bulan bagi seluruh personel Polri.

Pengecekan Kesehatan ini merupakan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Hasil Rikkes ini nantinya akan digunakan sebagai acuan bagi Komandan Batalyon untuk mengetahui kondisi kesehatan dari anggota secara real.

Untuk mengetahui kondisi kesehatan personelnya Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto memrintahkan seluruh jajaran Batalyon A Pelopor untuk mengikuti seluruh rangkaian pemeriksaan kesehatan tersebut.

Pemeriksaan dibagi 3 kriteria, yaitu inten 1 digolongkan umur 41 tahun ke atas, intens 2 digolongkan umur 30-40 tahun dan intens 3 digolongkan umur 30 tahun kebawah.

Pemeriksaan kesehatan ini meliputi ronsen, pemeriksaan urine, pemeriksaan darah, EKG dan Tritmile, untuk mengetahui kondisi jantung bagi anggota yang usianya di atas 41 tahun ke atas menggunakan alat tritmile. Khusus usia 30-40 tahun menggunakan alat EKG.

Menurut AKBP Darminto kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh anggota baik yang bertugas di Mako maupun sementara bertugas diluar hal ini untuk mengetahui kondisi kesehatan anggota apalagi dimasa pendemi Covid-19 seperti sekarang ditambah perhelatan pesta demokrasi yang sudah berjalan anggota brimob harus selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat.

“untuk mengimplementasikan Bhakti Brimob untuk masyarakat Pemeriksaan Kesehatan ini Wajib diikuti seluruh anggota, tujuannya untuk mengetahui kondisi kesehatan anggota, apalagi dimasa pandemi covid-19 saat ini serta tahapan Pilkada yang sudah berjalan anggota harus dalam kondisi sehat dan selalu siap untuk melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat.“ Ujur Darminto.

Perwira berpangkat dua melati itu menyampaikan pemeriksaan kesehatan kali ini dilaksanakan bertahap hal ini dilaksanakan untuk menghindari kerumunan dalam jumlah banyak

“ Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 Pemeriksaan kali ini masih dalam situasi pandemi Covid-19 jadi dilaksanakan secara bergilir untuk menghindari kerumunan dalam jumlah banyak” Tutup Darminto.

Ditemui dilokasi Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis menyampaikan “Pemeriksaan kesehatan ini gratis, anggota tidak dipungut biaya dan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan rutin setiap enam bulan sekali,”

Dia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, kesehatan anggota lebih terjaga dan selalu sehat serta dapat lebih mengetahui kondisi masing – masing personel.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan Pemeriksaan Kesehatan ini dapat mengetahui kondisi kesehatan masing – masing personel agar tetap prima sehingga dapat mengemban tugas Kepolisian dengan maksimal sebagaimana tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta mengimplementasikan bhakti brimob untuk masyarakat terutama ditengah masa pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya. (**)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed