oleh

Gelar Ujian Kenaikan Kelas, Sekolah Islam Terpadu Al Fatih Gelar Ujian Daring via Google Meet dan e-Learning

WAHANAINFOTA, MAKASSAR – Sesuai dengan Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 dan Kalender Akademik Dinas Kota Makassar dan Dinas Provinsi Sulawesi Selatan, Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Fatih Makassar jenjang SMP SMA menggelar Ujian Akhir Semester Genap tahun ajaran 2019/2020 secara daring melalui Google Meet yang berlangsung mulai Senin (08/06/2020) lalu hingga Jum’at (12/08/2020) mendatang.

Terhitung sekitar 85 peserta didik dari kelas VII dan VIII SMP IT Al Fatih serta kelas X dan XI SMA IT Al Fatih yang mengikuti ujian tersebut secara daring melalui sistem e-Learning Al Fatih. Panitia ujian telah membagikan jadwal ujian dan kelompok pengawas pada saat simulasi persiapan ujian.

Ika Puspita selaku Wakil Bagian Kurikulum menyampaikan bahwa ujian ini sebagai evaluasi pembelajaran selama satu semester yang tentunya disesuaikan dengan kebijakan yang ada dimana bentuk tesnya selain tes daring juga dapat dalam bentuk portofolio nilai atau penugasan dalam bentuk produk/ proyek.

Sebagai bentuk pengawasan, orangtua dari rumah mendampingi dan mengirimkan dokumentasi kegiatan Ananda selama ujian, ujar Nurfadilah, salah satu panitia ujian.

Dalam meeting room tersebut bergabung semua pengawas ujian yang mengamati setiap aktivitas peserta ujian pada kelompok masing-masing. Jadi setiap peserta ujian wajib mengaktifkan videonya selama ujian, terangnya lebih lanjut.

Ujian kali ini tentu menjadi pengalaman berkesan bagi masing-masing Ananda. Seperti yang diungkapkan Ananda Rifqah kelas X, ujian kali ini cukup memberi kesan tersendiri bagi saya mungkin karena ini juga pertama kali ujian dari rumah. Tentunya hal paling penting adalah tentu saja kejujuran. Karena kalau di rumah pastinya lebih sedikit pengawasannya karena itu kita harus jujur, tulisnya saat memberi kesan via WhatsApp.

Sementara itu, Andi Agus selaku Kepala SMP SMA IT Al Fatih mengucap syukur pelaksanaan ujian dapat berjalan dengan baik. “Walaupun di tengah pandemi. Meskipun pelaksanaannya dalam bentuk virtual tetapi tidak mengurangi esensinya, tentunya ini tidak terlepas dari sinergi yg baik antara panitia ujian, kurikulum dan juga kesiswaan”, ujarnya

“Anandaku semua tetap menjaga kedisiplinan dan kejujuran dalam pelaksanaan ujiannya dan buktikan bahwa kalian memang layak menapaki kelas yg lebih tinggi tentunya dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yg baik,” pesannya

“Terakhir tak pula beliau berterimakasih kepada ustaz ustazah. Tetap semangat, tetap sesuai SOP dalam pelaksanaan ujiannya dan kita niatkan semua kegiatan kita semata-mata karena Allah Subhanahu wa ta’ala dan senantiasa tetap mendoakan kesuksesan untuk siswa-siswi kita kelak”, tutupnya. (Ika Puspita Sari)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed