oleh

DPRD Gelar Paripurna Ranperda Perlindungan Guru, Al Hidayat Samsu : Ini Penting

WAHANA INFOTA, MAKASSAR — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar menggelar Rapat Paripurna (Rapur) tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perlindungan Guru di ruang rapat paripurna DPRD Kota Makassar. Senin (20/9/2021).

Dipimpin langsung ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo. Rapat paripurna ini turut dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Makassar, sejumlah SKPD Kota Makassar dan sejumlah anggota DPRD Kota Makassar.

ketua Pansus Ranperda perlindungan guru, Alhidayat Samsu menyampaikan, perlindungan guru ini merupakan salah satu Ranperda yang juga cukup penting di Kota Makassar.

Pasalnya, lanjut dia, keberhasilan dalam meningkatkan tingkat mutu pendidikan di suatu daerah adalah kualitas mengajar yang profesional tenaga pendidik.

“Jadi, Ranperda ini murni diinisiasi oleh komisi D, setiap kami melakukan rapat dengar pendapat bersama guru, ternyata ada 20 % lebih kekerasan yang terjadi pada mereka (guru) yang dilakukan oleh pihak lain”, jelas Al Hidayat.

Selain itu, Alhidayat mengungkapkan, Ranperda ini dibuat sesuai undang – undang sistem pendidikan. Menurut dia, diundang-undang ini dengan jelas untuk memberikan perlindungan hak dan kewajiban para tenaga pendidik.

“Dengan rujukan itulah, kami mengajukan Ranperda. Apalagi, memang perlindungan tenaga pendidik ini secara teknis belum ada di Makassar”, Terang dia.

Senada dengan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Nielma Palamba. Dirinya menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan Kota Makassar sangat mendukung dengan adanya Ranperda perlindungan guru tersebut.

“Tentu mendukung ya, cuma nanti kita pertanyakan, apakah Ranperda ini diamanahkan undang – undang untuk dibuat hingga tingkat Perda”, bebernya.

Pasalnya, kata Nielma, Disdik sebagai eksekutif perlu penguatan dalam bentuk Perda dalam perlindungan harkat dan kewajiban guru. (Asl)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed