oleh

Di Makassar, Ketum Gradasi Lakukan Konsolidasi Pemberdayaan Pandu Digital Melalui ‘Kampoeng Digital’

WAHANA INFOTA, MAKASSAR — Pembentukan Pandu Digital oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementrian Informasi Dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia sebagai sebuah upaya untuk mendorong hadirnya kompetensi terkait literasi Digital ke tengah masyarakat tentunya merupakan sebuah inovasi yang membutuhkan pemberdayaan.

Hal ini, menurut Ketua Umum Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Generasi Digital Indonesia (Gradasi), Bang Oni, merupakan sebuah keharusan karena tujuan dari pemberdayaan adalah menjadikan Pandu Digital itu sendiri tidak hanya tepat sasaran, namun juga berkelanjutan sehingga memberikan dampak positif yang benar-benar mampu dipahami oleh masyarakat.

Olehnya itu, dalam kunjungan singkatnya ke Makassar, Jumat, 2 April 2021, Bang Oni langsung mengadakan pertemuan Konsolidasi bersama dengan DPD Gradasi Sulawesi Selatan terkait pemberdayaan Pandu Digital, melalui program Kampoeng Digital, hadir dalam  pertemuan ini Ketua DPD Gradasi Sulawesi Selatan, Abdul Kadir Lakkuru beserta jajaran pengurus dan Ketua DPC Gradasi Pinrang, Suyuti Mansyur, S.H.

“Kampoeng Digital ini meliputi suatu cakupan wilayah dimana terjadi literasi digital disitu, ada pendampingan dari Pandu Digital Indonesia sebagai fasilitator, Generasi Digital Indonesia sebagai Pengelola, dan keterlibatan masyarakat sebagai penggeraknya” terang Ketua Umum Gradasi, Bang Oni.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas terkait kesiapan DPD Gradasi Sulsel dalam pelaksanaan Kampoeng Digital pada pertengahan bulan April ini, yang mana pelaksanaan kegiatan tersebut akan dimonitoring oleh Ditjen Aptika Kominfo dalam kunjungan langsungnya.

“Iya, persiapan pelaksanaan kampung digital pada 22 April mendatang, kami agendakan di dua daerah sekaligus yaitu Pinrang dan Makassar, sementara kami matangkan persiapan untuk ini, dan semoga bisa terlaksana dengan baik tanpa ada kendala” Ujar Ketua DPD Gradasi Sulawesi Selatan, Abdul Kadir Lakkuru.

Sementara, Ketua DPC Gradasi Pinrang, Suyuti Mansyur, SH, menyambut optimis terkait pelaksanaan Kampoeng Digital ini, dengan menyebut bahwa DPC Pinrang akan berupaya semaksimal mungkin dalam memajukan Kampoeng Digital ini, salah satunya adalah dengan menggerakkan ekonomi kerakyatan melalui kampung digital.

“Ini tentunya menjadi Motivasi tersendiri khususnya DPC Gradasi Pinrang, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk membranding satu Zona bahwa zona itu adalah kampung digital, salah satunya dengan menggerakkan ekonomi kerakyatan di zona itu, dan tentunya melakukan pendampingan dalam hal literasi digital ke tengah masyarakat, dan kami pun” papar Suyuti.

Ketua DPC Pinrang itu juga menambahkan terkait keterlibatan pemerintah setempat serta beberapa stakeholder dalam mensukseskan jalannya pelaksanaan Kampoeng Digital ini.

“Kami menginginkan kehadiran pemerintah setempat dan beberapa stakeholder untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam mensukseskan program Kampoeng Digital ini” ungkapnya.

Perlu diketahui, dalam penerapan pemberdayaan pandu digital melalui pelaksanaan program Kampoeng Digital ini, menyasar beberapa sektor yaitu, Pendidikan, Pariwisata, UMKM, Pertanian dan Perikanan.

Pertemuan Konsolidasi ini kemudian ditutup dengan makan siang bersama di warung salah satu Pelaku UMKM yang menjajakan kuliner Khas Makassar, yakni Coto Makassar. (Sn)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed