oleh

Dentuman Sonik (Sonic Boom), Suara Letusan Yang Kadang Membuat Panik Warga

WAHANA INFOTA – Suara letusan ini biasanya muncul di siang hari, saat pesawat tempur sedang melakukakan manuver dalam sebuah aksi latihan. Sonic Boom atau yang lebih dikenal dengan sebutan Dentuman Sonic ini, mengeluarkan sebuah bunyi letusan yang cukup keras, sehingga membuat para warga yang mendengarnya menjadi bertanya-tanya bahkan panik karena suara letusan tersebut.

Menurut Wikipedia, Sonic Boom atau Dentuman Sonik ini adalah sebuah istilah untuk sebuah fenomena dimana gelombang kejut di udara yang dapat ditangkap telinga manusia. Hal ini biasanya terjadi ketika sebuah pesawat jet tempur dengan kecepatan supersonik atau melebih kecepatan suara.

Saat pesawat tersebut terbang melebih kecepatan suara, muncullah gelombang kejut pada bagian tertentu pesawat. Gelombang kejut adalah daerah di udara dimana terjadi perubahan dadakan meliputi tekanan udara, temperatur, densitas. Maka, Suara dentuman sonik itu akan benar-benar terdengar ketika pesawat menembus batas kecepatan suara dan mulai memasuki kecepatan supersonik yang kemudian menghasilkan gelombang kejut.

Dentuman Sonik ini sempat menghebohkan para warga, di tahun 2015, warga Desa Kapau, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, berpanikan mencari letak letusan. Warga memperkirakan adanya pesawat jatuh atau sebuah bom meledak menjadi sumber letusan tersebut, kemudian melaporkan hal tersebut ke pihak polsek setempat. Namun, rupanya setelah dilakukan pengecekan, pihak terkait menegaskan tak ada pesawat jatuh, juga tak terjadi ledakan bom.

Sebelum akhirnya rasa penasaran para warga terjawab setelah, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma Hendri Alfiandi menegaskan suara yang mirip ledakan bom atau pesawat jatuh itu merupakan dentuman sonik atau sonic boom dari Pesawat F-16.

“Sewaktu terbang itu menimbulkan dentuman sonik dan sudah biasa terjadi pada pesawat terbang. Kecepatan pesawat saat terbang melebihi kecepatan suara, dan itulah yang dikira ledakan,” tegas Marsma Hendri kala itu. (SN)

 

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed