oleh

Cara Humanis, Brimob Yon A Pelopor Ingatkan Masyarakat Mematuhi Prokes di Pospam PPKM

WAHANA INFOTA, MAKASSAR — Dalam rangka menekan meningkatnya angka penyebaran Covid-19 di Provinsi Sulawesi Selatan khususnya di Kota Makassar, Personel Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsel berikan himbauan dan Informasi terkait PPKM Level 4 dibeberapa titik penyekatan.

Ada beberapa titik yang menjadi pos penyekatan PPKM darurat diantaranya Pos Penyekatan Perbatasan Kota Makassar – Kab. Maros Perlimaan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Pos Penyekatan Kota Makassar – Kab. Gowa Jalan Aeropala, Pos Penyekatan Kota Makassar – Kabupaten Gowa depan Polsek Rappocini dan Pos Penyekatan Perbatasan Kota Makassar – Kab. Gowa di Jalan Barombong.

Dalam kegiatan tersebut terlihat anggota Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel bersama Satuan dari Kewilayahan dan Instansi terkait melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang keluar maupun yang masuk di wilayah Kota Makassar dan membantu memeriksa terkait surat dan kelengkapan pribadi maupun kendaraan.

Pelaksanaan penyekatan kali ini dilaksanakan secara selektif perioritas untuk mencegah penyebaran covid- 19 dimana dalam kegiatan ini dilakukan secara humanis dan simpatik, apalagi hari ini merupakan hari libur dimana pergerakan masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, Ipda Syafruddin selaku Dantim di Pos Penyekatan berikan informasi sekaligus teguran kepada masyarakat yang kurang disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.
“Kita masih menemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker pada saat beraktifitas di luar, oleh karena itu kita berikan hukuman disiplin sebagai efek jera”, terang Ipda Safruddin.

Selain itu, kita lakukan pemeriksaan dan pendataan kepada pengendara yang melintas. “Pemeriksaan kita lakukan kepada pengendara, Tentunya dengan santun dan humanis dalam penyampaian terkait aturan yang berlaku di PPKM Level 4,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel AKBP Darminto, S.Sos mengungkapkan bahwa, “Pemberlakuan PPKM di Kota Makassar ini merupakan bentuk upaya Pemerintah yang melibatkan TNI – Polri dan unsur pemerintah daerah lainnya dalam menangani kasus positif covid-19 di Indonesia yang terus meningkat”.

“ Kami melibatkan 93 orang personel yang disebar di 4 titik Pos penyekatan PPKM, mereka tidak hanya memberikan himbauan dan informasi terkait penyebaran Covid-19, mereka juga akan memberikan masker kepada pengendara atau warga yang kedapatan tidak menggunakan masker. “ Ujar Darminto.

Darminto mengatakan selain bertugas memberikan himbauan dan informasi terkait penyebaran Covid-19 anggota Brimob bersenjata lengkap diterjunkan untuk menjaga keamanan petugas lain di sejumlah titik penyekatan.

“Itu untuk keamanan petugas lainnya, semua personel yang bertugas dilapangan kami lengkapi dengan senjata, dengan penggunaan amunisi sesuai dengan protaap,” kata Darminto.

Darminto juga berharap, “Diharapkan dengan adanya TNI-Polri dan pemerintah daerah dapat melaksanakan patroli gabungan secara rutin bersama – sama untuk memastikan PPKM Darurat diperbatasan lintas antar Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat mempengaruhi penurunan kasus Covid-19 yang sedang melanda saat ini”, tuturnya.

Arahan Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis PS. S.I.K., M.Si. kepada jajaran agar mendukung kebijakan pemerintah untuk membantu satuan kewilayahan atau Polres dalam menegakkan aturan PPKM Darurat Level 4 serta penutupan jalan di Kota Makassar.
Muhammad Anis juga menambahkan, “Kegiatan ini merupakan salah satu kepedulian Polri serta bentuk Bakti Sat Brimob Polda Sulsel terhadap masyarakat yang terdampak Covid–19”. (**)

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed