oleh

Batalyon Danyon A Pelopor Bekali Siswa SPN Batua, Kemampuan Serta Tugas dan Fungsi Gegana dan Pelopor

WAHANA INFOTA, MAKASSAR — Komandan Batalyon (Danyon) A Pelopor AKBP Darminto mewakili Dansat Brimob Polda Sulsel memimpin pembekalan Siswa Diktuk Brigadir Angkatan 46 Tahun 2021 SPN Batua Polda Sulsel di lapangan SPN Batua Polda Sulsel jalan Urip Sumohardjo, Kota Makassar, Minggu (24/10/2021).

Pada kesempatan itu, Darminto memberikan pembekalan berupa pengarahaan sekaligus pengenalan tugas, fungsi dan peran Brimob. Kata dia, Brimob memiliki kemampuan khusus termasuk dalam perlengkapannya.

“Jika dipilih untuk masuk di Brimob, rekan-rekan harus bangga karena saya juga lahir dari sini (SPN Batua) sampai sekarang saya menjadi Danyon memegang tongkat komando itu juga berkat SPN Batua,” ungkap Darminto.

Darminto menjelaskan, kemampuan Brimob itu ada 2 yakni kemampuan Gegana dan Pelopor. Di mana, kemampuan Gegana itu tugasnya seperti penanganan Teror, penjinakan BOM dan KBR (Kimia, Biologi dan Radioaktif).

“Sedangkan, Pelopor tugasnya meliputi penanggulangan huru-hara, pencarian dan pertolongan (SAR) dan Jungle Warfare atau perang hutan,” paparnya

Dalam pembekalan ini, Satbrimob Polda Sulsel juga memperkenalkan tugas dan fungsi Gegana dan Pelopor serta peralatannya yang dimiliki Satbrimob Polda Sulsel.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut AKBP Robert Kenedy Aritonang selaku Waka SPN, Kompol Ramli (Kasilog Satbrimob), Kompol Mansur (Wadanden Gegana), AKP Abd. Azis Bani (Kasubbagrenmin) dan AKP Darwis Daud (Wadanyon A) serta Perwira dan personel Satbrimob Polda Sulsel lainnya.

Terpisah, Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis P.S menyampaikan, pihaknya mendapat amanah untuk memberikan arahan ke siswa SPN, khususnya pengenalan terkait Brimob mulai sejarah hingga perlengkapan.

“Hari ini kita mendapat giliran untuk memberikan pengenalan kepada adik-adik siswa Spn Batua, mulai dari sejarah Brimob, kemampuan dan perlengkapan semua kita kenalkan kepada siswa”, kata.

“Ini merupakan untuk mengangkat semangat siswa dalam menjalani pendidikannya agar menjadi personel Polri yang handal dan profesional,” pungkas Dansat Brimob Sulsel. (**)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed